12 Tips Hidup Sehat

Bagaimana menjaga agar hidup kita tetap sehat? Sebenarnya banyak orang yang tahu, namun kadang sering kali lebih kurang peduli. Berikut adalah 12 Tips Hidup sehat yang baru-baru saja dirilis oleh badan kesehatan dunia. Dan Anda mungkin akan menemukannya begitu dekat dengan keseharian Anda.

Pertama, Makan Makanan yang Sehat

Setiap orang tahu bahwa makanan adalah salah satu sumber kesehatan yang utama. Diet yang seimbang, seperti pemilihan menu dengan kalori yang disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari, serta alami yang mencukupi, serta ada vitamin dan mineral secukupnya sudah bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Menghindari makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, makanan dengan sodium yang berlebihan, atau mengandung lemak jahat yang tidak sehat.

Akan sangat baik jika Anda memiliki cukup waktu untuk memerhatikan dan mengelola apa yang Anda makan setiap harinya, karena makan tidak hanya sekadar mengisi perut agar kenyang, namun juga menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Jika Anda ragu bagaimana mendapatkan menu makanan yang sehat, silakan berkonsultasi dengan ahli gizi (nutrisionis) terdekat dari tempat Anda.

Kedua, Aktiflah Secara Fisik Setiap Hari

Kita memiliki banyak kegiatan yang bersifat ‘tidak aktif’ – yang mungkin diakibatkan oleh tuntutan peradaban. Pelajar yang kebanyakan duduk, karyawan yang juga kebanyakan duduk, demikian juga kegiatan profesional yang jarang sekali ‘bisa bergerak’. Namun bagi mereka ini, jika bisa bergeraklah!

Jika tempat kerja Anda tidak terlalu jauh, berjalan kaki atau bersepeda kayuh adalah pilihan yang baik – selama tidak terlalu banyak polusi udara di sekitar Anda. Rapat kurang dari setengah jam, Anda mungkin tidak memerlukan kursi duduk atau alas duduk, berdiri! Buat tubuh Anda bergerak, dan tetap jaga hidrasi tubuh Anda.

Bagi yang tetap tidak bisa, luangkan tubuh Anda untuk melakukan senam ringan setiap harinya, Anda bahkan bisa memilih olahraga senam ringan seperti Yoga atau Taichi yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan tidak memerlukan banyak peralatan mahal.

Ketiga, Dapatkan Vaksinasi

Apakah Anda pendukung gerakan penolak vaksinasi? Selamat, Anda baru saja membuang salah satu kesempatan untuk hidup sehat, dan celakanya juga membuang kesempatan hidup sehat bagi orang di sekitar Anda, terutama anak-anak.

Tidak ada cara yang lebih aman untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu dibandingkan dengan vaksinasi. Anda tidak akan ingin mendapatkan polio dan kecacatan untuk sekadar kemudian mendapatkan kebebalan terhadap polio.

Konsep mencegah lebih baik daripada mengobati adalah nilai utama dari vaksinasi. Dan senjata utama kita dalam upaya memusnahkan sejumlah penyakit adalah vaksinasi.

Keempat, Hindari Tembakau

Anda ingin hari tua yang hanya duduk terbaring dengan dada sesak, ingin jalan ke suatu tempat namun tidak bisa karena terhalang oleh sesak yang tak tertahankan? Tempat yang Anda kunjungi paling sering adalah ruang periksa dokter atau ruang gawat darurat rumah sakit. Anda mungkin bisa memilih tembakau seperti rokok atau cerutu. Siapa tahu Anda mendapatkan bonus kanker atau sejenisnya.

Anda bisa memiliki masa tua, hari-hari pensiun yang cukup membuat Anda menikmati hidup, bersepeda dengan keluarga, pergi ke pegunungan menikmati pemandangan dengan tubuh yang tidak rusak akibat tembakau. Tentu saja ini tidak absolut, namun Anda mendapatkan kesempatan lebih baik dengan tanpa menggunakan tembakau dalam hidup Anda.

Kelima, Hindari atau Kurangi Alkohol

Konsumsi alkohol merusak tubuh, apalagi dengan kecenderungan konsumsi yang berlebih. Keracunan alkohol bukanlah sesuatu yang jarang yang kita temukan di lingkungan di mana alkohol masih dikonsumsi secara keseharian.

Keenam, Kelola Stres

Adakah orang yang tidak stres? Entahlah, namun stres adalah bagian yang wajar dari hidup kita. Dan malangnya, kadang menghindari stres justru malah bertemu stres dalam bentuk lainnya. Lebih buruk lagi, orang yang menderita stres kadang menyangkal bahwa dirinya mengalami stres. Jika Anda sudah mulai menyangkal bahwa diri Anda sedang mengalami stres, Anda mungkin baru saja melepas kesempatan untuk lepas dari stres.

Mengelola stres mungkin adalah seni, kebanyakan memilih menyalurkan stresnya ke dalam bentuk hobi-hobi yang menjadikan baik tubuh maupun pikiran segar kembali. Jika Anda kesulitan dalam mengelola stres, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog klinis terdekat atau yang disediakan oleh tempat kerja Anda.

Ketujuh, Jagalah Kebersihan

Mungkin higienis tidaklah tepat sama dengan kebersihan. Namun Anda akan lebih mudah paham jika istilah kebersihan digunakan. Menjaga kebersihan itu terdengar sederhana dan mudah, namun tidak selama bisa dipraktikkan dengan tepat dalam keseharian kita.

Misalnya saja orang sering kali lupa mencuci tangan saat hendak makan, atau masih ada orang-orang yang buang air besar sembarangan, sedemikian hingga ini memicu wabah diare di suatu wilayah. Anda menggunakan produk sabun kesehatan yang menyebabkan ketidakseimbangan pada kondisi permukaan kulit yang berujung pada kelainan-kelainan kulit tertentu.

Kebersihan adalah modal besar dalam menjaga kesehatan, tidak hanya pribadi, namun juga lingkungan. Banyak wabah bisa dicegah dengan menjaga kebersihan, seperti diare, demam berdarah, dan sebagainya.

Kedelapan, Jangan Ngebut atau Mabuk saat Berkendara

Nah, saya tidak perlu jelaskan ini, tapi saya rasa Anda sudah tahu apa yang dimaksudkan tentunya.

Kesembilan, Gunakan Sabut Pengaman saat Mengemudi, Helm saat Bersepeda

Pertama-tama adalah keselamatan, Anda harus memastikan diri Anda dapat selamat, bukan selamat dari ancaman tilang polisi, namun Anda ketika terjadi kecelakaan. Saya acap menemukan cedera yang sebenarnya bisa dicegah dengan menggunakan pengaman terjadi pada pengemudi atau pesepeda yang lalai mengenakan alat keselamatan sederhana ini.

Kesepuluh, Praktik Aktivitas Seksual yang Aman

Ini adalah pesan global, karena kegiatan seks di pelbagai belahan bumi memiliki pola yang beragam dalam kaidah sosial, aturan, dan tentunya bagian-bagian yang tersembunyi dari permukaan masyarakat.

Penyakit seksual menular tidak hanya ada yang mengakibatkan dampak jangka pendek, namun juga dampak jangka panjang. Menghindari kegiatan seksual yang tidak aman adalah langkah paling baik, seperti menghindari seks bebas dan berganti pasangan. Jika ini tidak bisa dilakukan, maka gunakanlah pengaman seperti kondom untuk mengurangi penularan pelbagai jenis penyakit ini.

Terdapat risiko dari setiap praktik aktivitas seksual yang tidak aman, Anda hanya dapat mengurangi risikonya, namun tidak meniadakannya.

Sebelas, Periksa Kesehatan secara Teratur

Jangan datang ke profesional kesehatan ketika Anda sedang sakit. Tapi periksalah kesehatan Anda secara teratur meskipun Anda merasa diri dalam kondisi sehat. Setidaknya dua tahun sekali, lakukan pemeriksaan kesehatan walau Anda tidak memiliki keluhan sakit.

Dua Belas, Berikan ASI

Yang terbaik untuk bayi hingga enam bulan pertama kehidupannya adalah ASI.