Manuver Epley untuk Mengatasi BPPV

Vertigo yang paling jenisnya adalah BPPV – atau Benign Paroxysmal Positional Vertigo 1. Kebanyakan yang datang ke dokter dengan vertigo umumnya akan didiagnosis sebagai BPPV. Biasanya pada kondisi wajar, vertigo jenis ini tidak memerlukan medikasi/obat, namun terapi ringan dengan motede brandDaroff dianjurkan di fasilitas pelayanan kesehatan primer sesuai Permenkes no. 5 tahun 2014. Namun metode lain seperti manuver Epley bisa juga dilakukan. Manuver Epley bisa menjadi pengganti latihan vestibular metode brandDaroff di layanan primer.

Mengapa memilih manuver Epley, terdapat sejumlah alasan sederhana bagi dokter untuk memilih manuver ini. Pertama terapi ini tidak invasif (melukai), tidak mahal, mudah dikerjakan. Dan dengan manuver ini, pasien umumnya lebih cepat mengalami pemulihan dibandingkan dengan hanya menggunakan obat saja. Pasien yang diterapi menggunakan manuver Epley akan memiliki kunjungan ulang yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang hanya diterapi dengan obat saja 2.

Bagaimana melakukan manuver Epley? Gambar dan video berikut akan memberikan penjelasan yang lebih pas.

Epley's Manuver

Ilustrasi melakukan terapi manuver Epley. Sumber gambar: Pinterest.

Jika Anda berkunjung ke dokter untuk keluhan vertigo dan didiagnosis dengan BPPV, maka tidak ada salahnya untuk menerima terapi latihan vestibular ini.

Daftar Bacaan dan Rujukan

  1. Ji-Soo Kim, David S. Zee. Benign Paroxysmal Positional Vertigo. The New England Journal of Medicine. Massachusetts Medical Society. Published online Mar 20, 2014. N Engl J Med 2014; 370:1138-1147. DOI: 10.1056/NEJMcp1309481
  2. Sushil Gaur, Sanjeev Kumar Awasthi, Sunil Kumar Singh Bhadouriya, Rohit Saxena, Vivek Kumar Pathak, and Mamta Bisht, “Efficacy of Epley’s Maneuver in Treating BPPV Patients: A Prospective Observational Study,” International Journal of Otolaryngology, vol. 2015, Article ID 487160, 5 pages, 2015. doi:10.1155/2015/487160