Empat Rantai Surveilans AFP

Kegiatan surveilans menjadi tulang punggung dalam upaya pemberantasan polio di semua negara di dunia. Tanpa adanya surveilans, tidak akan mungkin menunjuk di mana dan bagaimana penyebaran serta peredaran virus polio liar, atau memastikan ketika virus sudah dimusnahkan dari alam liar. Surveilans mengidentifikasi kasus-kasus baru, dan mendeteksi datangnya/tibanya polio liar di suatu wilayah.

Continue reading

Membangun Sebuah Hospital Disaster Plan

Indonesia adalah wilayah rawan bencana alam dan bencana buatan manusia. Rumah Sakit adalah salah satu area kerja yang menghadapi tantangan dalam bersiap-siaga menghadapi bencana ini. Oleh karena itu wajar, ketika membangun rumah sakit pertama kali, area yang rawan terkena dampak bencana perlu dihindari, atau tempat di mana bencana mungkin memberikan dampak paling merusak tidak akan cocok dijadikan rumah sakit.

Namun demikian, bencana tidak selalu bisa dihindari. Kita memiliki segudang bencana di negeri ini, baik itu bencana gunung meletus (abu vulkanik), gempa bumi, banjir, angin kencang, hingga bencana buatan manusia seperti ancaman bom dan terorisme. Ketika bencana ini terjadi, rumah sakit akan terkena imbasnya, baik imbas langsung dari bencana seperti kerusakan bangunan dan sistem, maupun imbas tidak langsung seperti lonjakan korban bencana yang menjadi pasien. Continue reading