Ibu Hamil dan Hepatitis B

Hepatitis berarti peradangan pada organ hati. Hepatitis B adalah suatu penyakit organ hati yang menular yang diakibatkan oleh infeksi virus Hepatitis B. Ketika seseorang terinfeksi, virus Hepatitis B bisa menetap di dalam tubuh orang tersebut selama seumur hidupnya, dan berpotensi menimbulkan masalah-masalah terkait organ hati di kemudian hari.

Ibu hamil sebaiknya memberikan perhatian lebih terhadap infeksi Hepatitis B, di mana sebaiknya Ibu hamil memeriksakan diri apakah dia terkena Hepatitis B atau tidak, sehingga bisa mendapatkan perawatan medis. Juga mungkin bagi ibu hamil untuk menularkan virus kepada bayinya pada saat proses persalinan. Berita baiknya, terdapat vaksin yang bisa mencegah bayi tertular hepatitis B. Continue reading

Barotrauma Telinga

Beberapa waktu belakangan ini, ketika penerbangan, saya merasa agak terganggu dengan barotrauma telinga yang saya alami. Anda mungkin juga pernah mengalaminya, perasaan tidak nyaman pada telinga dan dapat berupa nyeri ketika melakukan perjalanan dengan pesawat udara. Hal ini disebabkan karena perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar gendang telinga.

Jika kita berada di daratan dalam kondisi normal, biasanya tekanan udara telinga bagian dalam akan sama dengan tekanan udara di luar telinga. Hal ini dibantu oleh keberadaan saluran yang menghubungkan telinga bagian tengah dengan bagian belakang hidung, di atas tenggorokan yang disebut tuba eustasius (eustachian/eustachio).

Continue reading

Tes Fungsi Hati

Tes fungsi hati atau lebih dikenal dengan liver panel atau liver function test adalah sekelompok tes darah yang mengukur enzim atau protein tertentu di dalam darah anda. Tes fungsi hati umumnya digunakan untuk membantu mendeteksi, menilai dan memantau penyakit atau kerusakan hati.

Biasanya jika untuk memantau kondisi hati, tes ini dilakukan secara berkala. Atau dilakukan juga ketika Anda memiliki risiko perlukaan hati, ketika Anda memiliki penyakit hati, atau muncul gejala-gejala tertentu seperti jaundice (ikterus). Continue reading

Rabun Jauh dan Kacamata Minus

Banyak kabar yang berkata bahwa pada penderita myopia (rabun jauh) penggunaan kacamata minus justru merusak mata, atau setidaknya membuat mata menjadi lebih minus lagi. Yah, inilah yang kadang saya dengar – dan kadang juga dipertanyakan pada saya. Lalu apakah itu benar?

Singkat kata, “Tidak!” – tapi jika dengan setelah menggunakan kacamata minus, dan pandangan pasien makin makin kabur, dan minusnya bertambah – maka “Ya, itu mungkin terjadi”, tapi tentu saja bukan karena kacamatanya. Continue reading

Mengatasi Memar

Memar dalam bahasa kedokteran dikenal dengan istilah “kontusio”, adalah salah satu kondisi yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Memar umumnya terjadi akibat benturan permukaan tubuh dengan benda yang relatif keras. Kondisi memar akan memunculkan warna merah kebiruan atau kehitaman pada permukaan kulit, diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil di bawah permukaan kulit sehingga menyebabkan darah bocor ke jaringan di sekitarnya.

Jangan panik ketika terjadi memar, beberapa pertolongan pertama yang sederhana akan dapat membantu Anda. Jika kulit Anda tidak terluka (baik sobek ataupun lecet), maka perban nyaris tidak akan diperlukan pada banyak kasus. Anda bisa mempercepat penyembuhan memar dengan melakukan beberapa langkah berikut. Continue reading